MATERI UTS PGSD
MIND MAP
Mind Map adalah Sebuah metode untuk
mengelola informasi secara keseluruhan. Seperti yang ditulis IQ matrix,
termasuk didalalamnya adalah
v Menyimpan informasi
v Pengorganisasian informasi
v Skala prioritas
v Belajar memahami informasi
v Meninjau kembali
v Mengingat informasi
v Menyimpan informasi
v Pengorganisasian informasi
v Skala prioritas
v Belajar memahami informasi
v Meninjau kembali
v Mengingat informasi
Contoh kerangka MIND MAP
Kemudian buat ringkasan singkat mengenai
materi yang telah digariskan diatas .
TEORI BELAJAR IPA SD
Terdapat empat teori dalam belajar ipa
SD. Diantaranya adalah :
1.
Teori belajar Piaget
2.
Teori belajar Bruner
3.
Teori belajar Gagne
4.
Teori belajar Ausubel
Cara Pembelajaran IPA di SD berdasarkan Teori
Piaget.
v Guru harus selalu memperhatikan pada setiap siswa apa yang mereka lakukan, apakah mereka melaksanakan dengan benar, apakah mereka tidak mendapatkan kesulitan.
v Guru harus berbuat seperti apa yang Piaget perbuat, yaitu memberikan kesempatan kepada anak untuk menemukan sendiri jawabannya, sedangkan guru harus selalu siap dengan alternative jawaban bila sewaktu-waktu di butuhkan.
v Pada akhir pembelajaran, guru mengulas kembali bagaimana siswa dapat menemukan jawaban yang di inginkan.
v Guru harus selalu memperhatikan pada setiap siswa apa yang mereka lakukan, apakah mereka melaksanakan dengan benar, apakah mereka tidak mendapatkan kesulitan.
v Guru harus berbuat seperti apa yang Piaget perbuat, yaitu memberikan kesempatan kepada anak untuk menemukan sendiri jawabannya, sedangkan guru harus selalu siap dengan alternative jawaban bila sewaktu-waktu di butuhkan.
v Pada akhir pembelajaran, guru mengulas kembali bagaimana siswa dapat menemukan jawaban yang di inginkan.
Cara Pembelajaran IPA di SD berdasarkan Teori
Bruner.
Guru harus mempunyai cara yang baik
untuk tidak secra langsung memberikan informasi yang dibutuhkan oleh siswa. Model
pembelajaran ini mempunyai banyak manfaat, antara lain
1.
Pembelajar (siswa) akan
mudah mengingat materi pembelajaran apabia informasi tersebut didapatkan
sediri, bukan merupakan informasi perolehan.
2.
Apabila pembalar telah
memperoleh informasi, maka dia akan mengingat lebih lama. Dalam penerapannya,
yaitu proses pembelajran di kelas, Bruner mengembangkan model pembelajaran
penemuan.
Model
ini pada prinsipnya memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh
informasi sendiri dengan bantuan gurudan biasanya merupakan barang yang nyata. Peranan
guru dalam pembelajaran ini bukanlah pemberi informasi, melainkan seorang
penuntun untuk mendapatkan informasi.
Menerapkan Teori Gagne dalam mengajarkan IPA di SD.
Model mengajar menurut Teori Gagne
meliputi delapan langkah yang sering disebut kejadian-kejadian intruksional (instructional
events), meliputi :
1.
Mengaktifkan motivasi
(activating motivation)
2.
Memberi tahu pelajar
tentang tujuan-tujuan belajar(instructional information)
3.
Mengarahkan perhatian
(directing motivation)
4.
Merangsang ingatan
(stimulating recall)
5.
Menyediakan bimbingan
belajar (providing learning guidance)
6.
Menyediakan retensi
(enchancing retention)
7.
Membantu transfer belajar(helping
transfer of lesrning)
Mengeluarkan perbuatan
( elicting performance)
9.
Memberi umpan balik
(providing feedback)
Prinsip-prinsip yang dikemukakan oleh Ausubel
Faktor yang paling prnting yang
mempengaruhi belajar adalah apa yang telah diketahui oleh siswa dalam
mengaitkan konsep-konsep yang telah ada . dalam struktur kognitif dikemukakan 2
prinsip oleh Ausubel, yaitu :
1.
Prinsip Diferensiasi
Progresif ( progressive differentiation)
Dalam diferensiasi
progresif, konsep-konsep yang diajarkan dimulai dengan konsep-konsep yang umum
menuju ke konsep-konsep yang lebih khusus.
2.
Prinsip Rekonsiliasi
Integratif ( integrative reconciliation)
Dalam rekonsliasi integrative,
konsep-konsep atau gagasan-gagasan perlu diintegrasikan dan dipelajari sesuai
dengan konsep-konsep yang telah dipelajari sebelumnya .
Di
bawah ini dilampirkan soal UTS PGSD silahkan di download dan dipelajari.
downloadsSOAL_UTS_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_I.docx.html
downloads SOAL_UTS_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA.docx.html
downloads SOAL_UTS_KONSEP_DASAR_IPA.docx.html
No comments:
Post a Comment