Saturday, 2 April 2016

MATERI UTS PGSD

MATERI  UTS  PGSD



MIND MAP

Mind Map adalah Sebuah metode untuk mengelola informasi secara keseluruhan. Seperti yang ditulis IQ matrix, termasuk didalalamnya adalah

v  Menyimpan informasi
v  Pengorganisasian informasi
v  Skala prioritas
v  Belajar memahami informasi
v  Meninjau kembali
v  Mengingat informasi

Contoh kerangka MIND MAP




Kemudian buat ringkasan singkat mengenai materi yang telah digariskan diatas .

TEORI BELAJAR IPA SD

Terdapat empat teori dalam belajar ipa SD. Diantaranya adalah :
        1.            Teori belajar Piaget
        2.            Teori belajar Bruner
        3.            Teori belajar Gagne
        4.            Teori belajar Ausubel

Cara Pembelajaran IPA di SD berdasarkan Teori Piaget.

v  Guru harus  selalu memperhatikan pada setiap siswa apa yang mereka lakukan, apakah mereka melaksanakan dengan benar, apakah mereka tidak mendapatkan kesulitan.
v  Guru harus berbuat seperti apa yang Piaget perbuat, yaitu memberikan kesempatan kepada anak untuk menemukan sendiri jawabannya, sedangkan guru harus selalu siap dengan alternative jawaban bila sewaktu-waktu di butuhkan.
v  Pada akhir pembelajaran, guru mengulas kembali bagaimana siswa dapat menemukan jawaban yang di inginkan.

Cara Pembelajaran IPA di SD berdasarkan Teori Bruner.

Guru harus mempunyai cara yang baik untuk tidak secra langsung memberikan informasi yang dibutuhkan oleh siswa. Model pembelajaran ini mempunyai banyak manfaat, antara lain
      1.            Pembelajar (siswa) akan mudah mengingat materi pembelajaran apabia informasi tersebut didapatkan sediri, bukan merupakan informasi perolehan.
      2.            Apabila pembalar telah memperoleh informasi, maka dia akan mengingat lebih lama. Dalam penerapannya, yaitu proses pembelajran di kelas, Bruner mengembangkan model pembelajaran penemuan.
Model ini pada prinsipnya memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh informasi sendiri dengan bantuan gurudan biasanya merupakan barang yang nyata. Peranan guru dalam pembelajaran ini bukanlah pemberi informasi, melainkan seorang penuntun untuk mendapatkan informasi.

Menerapkan Teori Gagne dalam mengajarkan IPA di SD.

Model mengajar menurut Teori Gagne meliputi delapan langkah yang sering disebut kejadian-kejadian intruksional (instructional events), meliputi :

      1.            Mengaktifkan motivasi (activating motivation)
      2.            Memberi tahu pelajar tentang tujuan-tujuan belajar(instructional information)
      3.            Mengarahkan perhatian (directing motivation)
      4.            Merangsang ingatan (stimulating recall)
      5.            Menyediakan bimbingan belajar (providing learning guidance)
      6.            Menyediakan retensi (enchancing retention)
      7.            Membantu transfer belajar(helping transfer of lesrning)
Mengeluarkan perbuatan ( elicting performance)
      9.            Memberi umpan balik (providing feedback)

Prinsip-prinsip yang dikemukakan oleh Ausubel

Faktor yang paling prnting yang mempengaruhi belajar adalah apa yang telah diketahui oleh siswa dalam mengaitkan konsep-konsep yang telah ada . dalam struktur kognitif dikemukakan 2 prinsip oleh Ausubel, yaitu :
      1.            Prinsip Diferensiasi Progresif ( progressive differentiation)
Dalam diferensiasi progresif, konsep-konsep yang diajarkan dimulai dengan konsep-konsep yang umum menuju ke konsep-konsep yang lebih khusus.
      2.            Prinsip Rekonsiliasi Integratif ( integrative reconciliation)
Dalam rekonsliasi integrative, konsep-konsep atau gagasan-gagasan perlu diintegrasikan dan dipelajari sesuai dengan konsep-konsep yang telah dipelajari sebelumnya .

Di bawah ini dilampirkan soal UTS PGSD silahkan di download dan dipelajari.






No comments:

Post a Comment

Popular Posts