Wednesday 21 October 2015

Artikel mengenai Teknik Metalurgi

Artikel mengenai Teknik Metalurgi

Assalamuallaikum Wr Wb

Postingan kali ini mengenai teknik Metalurgi

Sesuai janji, kali ini kak pipit coba menyampaikan sekilas info mengenai tekhnik Metalurgi. bagi adik-adik semua yang masih bingung untuk memilih jurusan di universitas-universitas favorite masing-masing ada baiknya mencari informasi mengenai jurusan yang natinya akan di ambil, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat ya...

Metalurgi adalah ilmu, seni, dan teknologi yang mengkaji proses pengolahan dan perekayasaan mineral dan logam. sedangkan Teknik Metalurgi adalah bidang ilmu keteknikan yang membahas tentang proses pengolahan mineral (termasuk pengolahan batubara), proses ekstraksi logam dan pembuatan paduan, hubungan perilaku sifat mekanik logam dengan strukturnya, proses penguatan logam serta fenomena-fenomena kegagalan dan degradasi logam.
Pada saat ini pendidikan metalurgi sudah sedemkian luas sehingga beberapa perguruan tinggi mengkhususkan penekanan pada cabang-cabang ilmu metalurgi.
  • ·   Cabang pengolahan mineral dan metalurgi ekstraksi biasanya sangat ditekankan pada pendidikan metalurgi di jurusan Teknik Pertambangan.
  • ·   Cabang metalurgi mekanik biasanya sangat ditekankan pada pendidikan metalurgi di jurusan Teknik Mesin dan Teknik Industri.
  • ·    Cabang metalurgi fisik biasanya diajarkan secara merata di berbagai perguruan tinggi sebagai fundamen dari ilmu logam.

Pendidikan sarjana program studi Teknik Metalurgi dan Material bertujuan untuk menghasilkan Sarjana Teknik (ST) yang memiliki kemampuan dalam menentukan dan merekayasa, memproses pembuatan dan mengendalikan sifat – sifat material logam maupun non logam. Kurikulum yang berlaku pada Teknik Metalurgi dan Material mengacu kepada permasalahan yang terkait dengan metalurgi dan desain material, proses pembentukan material, selanjutnya ditujukan secara spesifik untuk kebutuhan industri. Penekanan ini difokuskan kepada ilmu pengetahuan dasar dan prinsip keteknikan dengan aplikasi dari prinsip metalurgi dan perilaku material.

lulusan Teknik Metalurgi & Material dapat bekerja di berbagai sektor baik swasta maupun pemerintahan seperti industri otomotif, manufaktur, alat berat, tambang serta minyak dan gas, dan lain-lain baik di dalam maupun di luar negeri.

Apa yang Dipelajari di Teknik Metalurgi ?

Lingkup ilmu Teknik Metalurgi begitu luas, dimulai dari pengolahan mineral (mineral dressing), ekstraksi logam dan pemurniannya, perekayasaan sifat fisik logam (physical metallurgy), proses produksi logam (mekanichal metallurgy), teknologi perancangan dan pengoperasian sistem-sistem metalurgi hingga fenomena kegagalan struktur logam akibat beban mekanik dan degradasi logam akibat berinteraksi dengan lingkungannya termasuk pengendaliannya, serta teknologi daur ulang.

Prospek Lulusan Teknik Metalurgi dan Material

Lulusan Teknik Metalurgi dan Material dapat bekerja pada berbagai bidang diantaranya adalah 

1.   Bidang Industri Pertambangan (PT. Freeport Indonesia, PT. Aneka Tambang, PT. Timah, PT. Newmont Nusa Tenggara, industri semen, pengolahan mineral bahan keramik dan bahan refraktori)

2.   Bidang Industri Ekstraksi Dan Peleburan Logam (PT. INCO, PT. Aneka Tambang, PT. Timah, PT. Inalum, PT. Krakatau Steel, industri pengolah emas-perak, dll)

3.   Bidang Industri Manufaktur (industri pengecoran logam, industri otomotif, pesawat terbang, kereta api, perkapalan, industri pembuatan mesin dan komponen)

4.   Bidang Industri Perminyakan Dan Gas (pada bidang ini, lulusan Teknik Metalurgi dan Material dapat menduduki posisi sebagai corrosion engineers, pipeline risk & assessment, dan metallurgical failure analyst)
            Corrosion engineer adalah sebuah posisi yang memiliki peran strategis dalam industri Migas. Ia bertugas memastikan semua alat proses di sebuah fasilitas pengeboran/pengolahan minyak tidak mengalami kegagalan fungsi akibat laju korosi yang tak terkendali, terlebih pada anjungan pengeboran minyak di lepas pantai yang berada di lingkungan berkadar garam tinggi.

5.   Bidang Lembaga Penelitian, Akademisi, dan Pemerintahan

6.   Dan Bidang Lain (Mikroelektronik, konsultan, Bidang Kesehatan, dan Bidang Pembangkit Energi Listrik)

Berikut  prospek, yang didefinisikan menjadi dua :

1. Prospek research

Tantangan terberat di bidang metalurgi adalah menemukan material baru utk applikasi new energy source spt fuel cell dan solar cell, begitu pula applikasi di bidang elektronik dan mesin. Selain itu, fokus penelitian bidang Metalurgi adalah optimasi proses pengolahan bahan mentah –> bahan baku –> bahan jadi. Optimasi ini mencakup lingkup efektivitas, efisiensi (energy tentu nya), automation, serta penurunan kadar CO2 dan bahan-bahan  kimia yang berbahaya lainnya.

2. prospek Kerja

Kalo urusan pekerjaan, jujur, saya sarankan kita serahkan ke Yang Maha Kuasa aja , kalau kata Reflin sih Hanya tuhan yang tahu... :D maksud nya gini lho, di kuliahan terutama di bidang teknik dan engineering, kita dituntut untuk berpikir logis dan efektive terserah mau di bidang apa.. yang pasti ketika kita dihadapkan kenyataan tentang mencari pekerjaan, lulusan2 engineering jelas mempunyai prospek ke bidang manapun (bahkan ke perbankan). Ya kalau bisa sih main di kuadran aja ... masih inget kan ilmu kuadran yang pernah di sampaikan oleh kak pipit ...

Ideal nya, lulusan Metalurgi bekerja di:
1. Perusahaan berbasis Material Science seperti :
a. Pengolahan logam (besi dan baja –> Krakatau Steel)
b. Pengolahan bahan mentah (FREEPORT dll)
c. Industri otomotif (Toyota ASTRA, Honda dll)
d. Industri komponen otomotif
e. Industri gelas, keramik dan polimer
2. Perusahaan Migas
3. Bank dan asuransi

    Sebagai business analyst teruama yang berhubungan dengan life time sebuah produk yang berhubungan dengan material science.
dan banyak lagi…

Bisa juga melanjutkan ke program S2 dan S3


Demikian sekilas info yang diperoleh dari berbagai sumber dan dapat kak pipit sampaikan... semoga bermanfaat. Terima kasih.

1 comment:

  1. Terimakasih infonya sangat bermanfaat
    jangan lupa kunjungi web kami
    www.ppns.ac.id

    ReplyDelete

Popular Posts